Mengenal ROC di Olimpiade Tokyo 2020 : Okezone Sports

img ]

ROC saat ini menduduki peringkat keenam dalam perolehan medali di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka berhasil mengoleksi 55 medali di antaranya 15 emas, 21 perak, dan 19 perunggu.

Akan tetapi, apa itu ROC? ROC adalah singkatan dari Russian Oliympic Committee (Komite Olimpiade Rusia).

Sekadar informasi, terdapat 355 atlet Rusia yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, tetapi dilarang menggunakan atribut negara, termasuk nama negara, bendera, dan lagu kebangsaan Rusia.

Hal tersebut dikarenakan adanya kasus doping yang dilakukan para atlet Rusia dan berhasil diungkap oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Semua berawal dari skandal doping yang telah menodai Rusia pada 2015.

Kemudian, Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menjatuhkan hukuman kepada Rusia berupa larangan berpartisipasi pada ajang olahraga internasional selama empat tahun. Akan tetapi, hukuman itu dikurangi menjadi dua tahun dan akan berakhir pada 22 Desember 2022 mendatang.

BACA JUGA: Hasil Semifinal Basket Olimpiade Tokyo 2020: Menang Tipis, Prancis Lolos ke Final

Itu alasan mengapa Rusia tidak diakui dalam Olimpiade Tokyo 2020. Itu juga mengapa atlet-atlet Rusia memakai nama dan bendera ROC. Selain itu, lagu kebangsaan Rusia pun dilarang diputar saat para atlet meraih medali.

Meski begitu, para atlet Rusia tetap mengenakan seragam yang menggabungkan warna bendera negaranya. Hal itu membuat Presiden WADA, Witold Bańka, kecewa. “Kami atas nama WADA kecewa karena CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga) telah menurunkan tingkat sanksi dari empat tahun menjadi dua tahun,” ucap Witold Bańka, dilansir dari Sporting News, Jumat (6/8/2021). “Tak hanya itu, kami juga kecewa CAS mengizinkan atlet Rusia bertanding dengan menggunakan warna bendera di seragam,” sambungnya. Rusia akan tetap menjalani ajang olahraga internasional lainnya dengan tetap bernaung di bawah bendera ROC, termasuk saat tampil di Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada 2022.

ROC Negara Mana di Olimpiade Tokyo 2020? Ini Penjelasannya

img ]

Pertanyaan terkait ROC negara mana mulai menghiasi kolom pencarian sejak Olimpiade Tokyo 2020 digelar. Nama ROC terdengar asing di telinga sebagian besar masyarakat penonton setia Olimpiade tersebut.

Diketahui Olimpiade Tokyo dibuka pada 23 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga 8 Agustus 2021. Olimpiade ini merupakan ajang olahraga internasional yang diikuti oleh 205 negara untuk memperebutkan 339 medali emas di berbagai cabang olahraga.

Penjelasan ROC Negara Mana di Olimpiade Tokyo 2020

Dilansir dari CNN dan Associated Press, Kamis (29/7/2021), ROC merupakan kepanjangan dari Russian Olympic Committee, yang merupakan kumpulan para atlet asal Rusia yang bermain secara netral di Olimpiade Tokyo 2020. Nama ROC dipakai lantaran Rusia mendapatkan sanksi atas kasus skandal doping yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu.

Rusia tidak diperbolehkan menggunakan nama, bendera, dan lagu kebangsaannya di berbagai kejuaraan yang juga diawasi Badan Anti-doping Dunia atau WADA. Jikapun tampil, Rusia diharuskan menggunakan nama yang netral, yang kini menggunakan nama ROC dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Rusia dijatuhi sanksi dibekukan selama 2 tahun dari kompetisi olahraga internasional oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga atau Court of Arbitration for Sport (CAS). Keputusan tersebut diambil lantaran Rusia dinyatakan bersalah karena gagal memberikan data tes narkoba autentik kepada WADA atas tuduhan doping.

Hukuman tersebut lebih ringan dari tuntutan WADA sebelumnya, yakni 4 tahun. Setelah banding, hukuman diringankan menjadi 2 tahun dan akan berakhir pada 16 Desember 2022.

Selain itu, Rusia tidak berhak menjadi tuan rumah atau ikut bidding tuan rumah Olimpiade selama periode hukuman. Jika sudah mendapatkan hak tuan rumah, status itu bahkan harus ditarik.

Jadi Atlet Netral

Menjawab pertanyaan terkait ROC negara mana, kini diketahui atlet asal Rusia tidak dapat bertanding di kompetisi internasional membawa nama negaranya. Untuk tetap dapat bertanding, mereka menjadi atlet netral–yang berarti mereka secara teknis tidak mewakili negara tertentu–jika mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak memiliki kaitan dengan skandal doping.

Ada lebih dari 300 atlet ROC yang mengikuti Olimpiade Tokyo. Tim tersebut masih memakai pakaian melambangkan warna negara mereka, yakni putih, biru dan merah. ROC juga diisi oleh para atlet yang telah mewakili Rusia di Olimpiade sebelumnya.

Nantinya, jika seorang atlet ROC merebut emas, bukan lagu kebangsaan Rusia yang akan dimainkan. Namun akan diputar lagu “Piano Concerto No. 1” Pyotr Tchaikovsky.

Dengan larangan yang dikeluarkan CAS, para atlet Rusia juga tidak dapat mewakili negaranya di Piala Dunia 2022 atau Olimpiade Musim Dingin 2022. Dengan kata lain, bendera dan lagu kebangsaan Rusia juga tidak akan tampil di berbagai Olimpiade.

Simak juga ‘Fokus Kesehatan Mental, Simone Biles Mundur dari Olimpiade 2020’:

[Gambas:Video 20detik]

Apa Itu Negara ROC di Olimpiade 2020, Kepanjangan, Perolehan Medali

img ]

ROC adalah singkatan Russian Olympic Committee. Mengapa ROC masuk dalam jajaran kontingen peserta Olimpiade Tokyo 2020?